Dunia Maya Yang Membingungkan


Berikut ini adalah kisah saya ketika baru mengenal internet. Kisah ini terjadi ketika saya awal awal masuk kuliah. Saya pergi ke warnet pun hanya karena ingin mencari info tentang ujian. Kalau saja ada bocoran soal disana. Begitulah pola pikir saya dulu.
Waktu itu warnet belum begitu menarik di kota ini. Maklum kota kecil. Hanya ada dua warnet di kota ini. Dan harganya masih lumayan mahal. Sekitar Rp.6000/jam. Dengan bermodal kursus komputer, saya pergi ke warnet. Walau hanya kursus program pengolah angka dan pengolah kata.

Dengan agak bingung saya menyalakan komputer warnet. Dan tambah bingung karena yang muncul pertama bukan halaman desktop windows tetapi halaman billing explorer. Dan membuat modal kursus saya tidak berguna.
Akhirnya dengan nekat dan rasa keingintahuan yang tinggi. Sayapun mencoba klik sana klik sini. Alhamdulillah berhasil tanpa bertanya pada siapapun.
Kebingungan saya tidak berhenti sampai disitu. Saya kembali bingung, apa yang harus saya lakukan untuk dapat melihat internet. Saya kemudian mencari program yang asing yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Yaitu sebuah browser dengan lambang serigala api. Kebingungan saya tidak hanya sampai disitu. Saya hanya tahu jika ada garis berkedip maka itu adalah tempat teks diketikkan. Saya pun memanfaatkannya sepeti halnya kotak pencari. Beruntung saat itu browser sudah mendukung fungsi tersebut. Saya menggunakannya untuk mencari info tentang ujian.
Sekitar satu minggu kemudian, saya diajak teman saya untuk pergi ke warnet itu kembali. Dia tak memberi tahu apa yang akan dilakukannya di warnet. Setelah sampai disana. Terlihat dia sudah terampil menggunakan internet. Saya hanya melihat saja. Beberapa tab dia buka. Saya tidak tahu apa yang dia buka. Ternyata eh ternyata. Yang dia buka adalah beberapa situs “seperti itu”. Karena saya juga masih awam dengan dunia “seperti itu”, saya hanya menonton tanpa ada rasa apapun. Sayapun menyimpulkan kalau internet ternyata hanya berisi itu-itu saja dan tidak menggunakannya lagi karena bosan.
Baru setelah mengenal mig33, saya mulai mengenal internet lebih jauh. Itu pun karena di sekolah sudah mempelajarinya. Saya mulai membuat email, chatting, dan yang baru saja saya kenal adalah dunia blogging. Yang sedang anda baca sekarang ini adalah blog yang saya asuh. Dengan bantuan Mbah Google saya berhasil membangun blog ini.
Demikianlah kisah saya berkenalan dengan internet yang dipenuhi dengan kebingungan, coba-coba, dan kenekatan. Bagi para pemula dalam dunia internet yang kebetulan membaca tulisan ini. Saya sarankan untuk membaca buku atau bertanya pada yang lebih mengenal sebelum memulai berinternet ria.

0 komentar:

Posting Komentar

    by ujank_slanker

Follower

Video Gallery